Seleksi Guru Berprestasi tingkat kabupaten Bekasi tahun 2012

Rabu, 11 April 2012 akan jadi saksi sejarah perjalanan kehidupanku. Hari ini, aku akan mengikuti seleksi guru berprestasi kabupaten Bekasi tahun 2012 di Tambun, tepatnya di Sekolah Putra Darma.

Begitu memasuki gerbang, aku sudah terpana dengan bangunan sekolah Putra Darma. Begitu megah dengan tiga lantai, area yang luas, sepertinya fasilitas juga lengkap. Bahkan setiap ruangan disediakan pendingin ruang dan ruang kelas dibuat senyaman mungkin untuk peserta didiknya.”Hmmmmm, sekolah swasta, bukan hal yang mengejutkan!”.

Kemudian aku jadi bertanya-tanya pada diri sendiri, “kapan ya sekolah tempat aku mengajar seperti ini?”. Tetapi akhirnya aku tersadar bahwa sekolah dengan bangunan megah dan fasilitas lengkap bukan jaminan mutlak bahwa peserta didiknya memiliki prestasi yang luar biasa. Walaupun aku akui juga bahwa fasilitas pembelajaran yang lengkap dan tertata dengan rapi, cenderung akan menciptakan suasana belajar yang lebih kondusif dan efektif. Dengan kondisi belajar seperti itu, cenderung juga secara otomatis akan mengalami peningkatan prestasi.

Sejenak aku hampir lupa kedatanganku ke sekolah ini, akhirnya aku mendatangi meja pendaftaran dan mengisi formulir. Setelah selesai aku juga menyerahkan portofolio untuk dinilai oleh tim penilai portofolio. 

Acara pembukaan dimulai sekitar pukul. 09.30 WIB. Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Bapak Rusdi Biomed. Selesai acara pembukaan peserta seleksi diminta masuk ke ruangan untuk mengerjakan tes tertulis. Peserta diberi waktu dua jam untuk mengerjakan soal tes tertulis sebanyak 100 soal. Setelah tes tertulis peserta seleksi harus menyampaikan presentasi makalah yang telah dibuat, kemudian setelah itu diadakan wawancara.

Sambil menunggu giliran, aku mengamati proses rekan lain yang sedang presentasi. Aku sempat merasa ciut juga karena melihat banyak yang menampilkan presentasi yang baik. “bisa tidak ya aku presentasi seperti mereka?”. Tetapi kemudian perasaan itu berusaha aku tepis dengan meyakinkan diriku sendiri bahwa aku mampu. Ternyata giliranku presentasi terpotong waktu istirahat, aku gunakan waktu istirahat ini untuk shalat terlebih dahulu. Makan siang sudah dibagikan tapi perutku seolah menolak dan mengikuti perintah hatiku yang belum tenang. Akhirnya tiba giliranku untuk presentasi, kubuat suasana hati sesantai mungkin agar tidak membuat presentasiku kacau. Setelah presentasi ada wawancara dan ada dua pertanyaan yang harus aku jawab dari dua tim penilai. Pertanyaan kedua tim penilai dapat aku jawab, semoga jawabanku dapat membuat tim penilai puas.

Akhirnya selesai juga, terima kasih ya Allah! Hari ini Engkau telah memberikan pengalaman yang luar biasa.Karena hari sudah sore, sekitar pukul 15.00 aku putuskan untuk segera pulang dan tidak menunggu hasil pengumuman pemenang. Aku memang tidak yakin akan juara karena rekan-rekan lain sudah senior dan banyak pengalaman, sedangkan aku baru mengikuti selesksi seperti ini untuk pertama kali. Tetapi waktu maghrib ketika di rumah, aku mendapat kabar dari ibuku yang dihubungi pengawas bahwa aku mendapat juara ke-2. Amat sangat kaget sekali, tidak menyangka pengalaman pertama ini akan membuahkan hasil.

Ketika aku posting tulisan ini, aku belum dapat kabar resminya, mungkin besok.

Jika benar, semoga tropi ini akan memotivasiku untuk selalu melakukan perbaikan, karena aku merasa masih banyak kekuranganku sebagai tenaga pendidik.

Terima kasih ya Allah, terima kasih keluargaku, terima kasih rekan-rekan guru di sekolah………

Gambar

Tinggalkan Balasan

